MASYA ALLAH.. Inilah 2 Surat Dalam Al quran yang Dapat Menjadi Pembela Bagi Pembacanya di Hari Akhir Kelak

MASYA ALLAH.. Inilah 2 Surat Dalam Al quran yang Dapat Menjadi Pembela Bagi Pembacanya di Hari Akhir Kelak

Terdapat 114 surat dalam Al-Qur’an yang diturunkan Allah. Dalam setiap surat ada kekhususan yang tak dimiliki surat lain. Kekhususan yaitu kelebihan akan tetapi bukan berarti satu surat lebih jelek daripada surat lain atau sebaliknya.

Pada Al-Qur'an, ada dua surat yang Allah jelaskan akan membela pembacanya di hari akhir. Ini dapat memberikan pengetahuan bagi kita bahwa sekecil apapun perbuatan baik kita di dunia, Allah bakal memberi ganjaran yang lebih gede. Biarpun, seluruhnya dalil yang terdapat dalam Al-Qur’an serta hadits mempunyai manfaat bagi manusia, tetapi kita bisa memakai dua surat ini untuk menjadi pembela diri kita di hari akhir nanti.

Surat Al-Ikhlas seimbang 1/3 kandungan Al-Qur’an. Faktor ini jadi basic para alim ulama berpendapat bahwa membaca surat Al-Ikhlas sejumlah 3 kali sama dengan jikalau kita membaca 30 juz Al-Qur’an. Tidak hanya itu, para ulama lain berpendapat bahwa sepertiga itu berhubungan dengan kandungan makna di dalam surat ke 112 itu. Inilah khasiat surah Al Ikhlas yang mesti digunakan sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari sebagai perbuatan baik kita.

Rasulullah pun menjelaskan surat lain sebagai pembela di hari akhir adalah surat Al-Baqarah. Surat ini merupakan surat terpanjang yang mempunyai 286 ayat.


Tidak hanya itu, dalam surat ini pun terdapat ayat terpanjang dalam Al-Qur’an yaitu pada ayat 282. Surat ini mempunyai keutamaan akan mampu membuat setan lari dari tempat tinggal yang jika orang di dalamnya membacakan surat Al-Baqarah. Tempat tinggal yang ditempati oleh syetan maka manusia yang menghuninya bakal dengan gampang dijerumuskan dalam tindakan maksiat.

Imam Ahmad meriwayatkan sabda Rasul yang berisikan bahwa seluruh ayat di dalam Al-Qur’an sanggup memberikan syafaatnya terhadap pembacanya di kehidupan akhirat nanti. Oleh sebab itu, luangkan dikala tiap-tiap hari buat membaca surat-surat di dalam Al-Qur’an. Tapi, dapat lebih baik apabila kita pun mendalami tujuan dari ayat tersebut biar bisa mengamalkannya dalam kehidupan.

Jikalau surat Ali ‘Imran dipadukan dengan surat Al-Baqarah (dinamakan Az-Zahrawain), maka hadits dari Abu Umamah ini meneruskan maksudnya, yaitu panduan buat membaca Az-Zahrawain dikarenakan ke-2 surat tersebut dapat datang di hari akhir seperti tumpukan awan atau seperti dua buah kumpulan burung yang melebarkan sayapnya atau dua benda yang menaungi yang bakal membela bagi pembacanya. Kelebihan surah al Baqarah tak mengurangi manfaat dari surat-surat lain sebagai tips dalam menjalani hidup dijalan Allah. Seluruh dalil dalam Al-Qur’an serta hadits bisa dijadikan petunjuk hidup.

Imam Muslim pun meriwayatkan suruhan buat membaca surat Al-Baqarah akan dapat mendatangkan limpahan barokah. Jikalau kita tak mengamalkannya adalah sebuah kerugian bagi kita. 

Bahkan tukang sihir tak dapat sanggup menjangkau pembaca dari 2 surat ini. Imam Muslim dan Bukhari di dalam shahihnya menyebut kalau Rasulullah sempat membaca ke-2 surat ini di dalam satu rakaat shalat. Faktor ini membuktikan bahwa ke-2 surat ini mempunyai kekhususan tersendiri maka Rasulullah menggunakannya juga sebagai surat pendek dalam shalatnya.

Sebagai muslim, manfaat membaca surat Al-ikhlash setiap hari mampu membuat serta meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah. Jangan sampai kita membiarkan satu detik pun terlewatkan tidak dengan kita mengingat Allah. Tidak Sedikit amalan yang akan kita jalankan biar senantiasa mengingat Allah disetiap langkah kita. Allah sudah sediakan banyak opsi perbuatan baik hingga kita sanggup melaksanakan ibadah sunnah mana yang bisa kita jalankan sesuai kapabilitas kita masing-masing.


Sumber : satoetoedjoehdelapan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MASYA ALLAH.. Inilah 2 Surat Dalam Al quran yang Dapat Menjadi Pembela Bagi Pembacanya di Hari Akhir Kelak"

Posting Komentar